Apasih Create New Product dan contoh Flowchartnya
New Product Itu Apa?
New product/produk baru adalah suatu barang/jasa yang belum pernah ada atau sebuah upgrade dari barang/jasa sebelumnya.
Produk adalah
Produk didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi dan juga dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan. Produk mencakup objek fisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan gagasan.
Produk adalah alat pemasaran yang paling mendasar, menurut Kotler dan Amstrong (2001) produk merupakan seuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi dan juga dapat sebagai alat untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen. Produk meliputi objek fisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan gagasan.
Secara konseptual produk adalah pemahaman subjektif dari produsen atas sesuatu yang ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan kegiatan konsumen, sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli pasar. Selain itu produk dapat juga didefinisikan sebagai persepsi konsumen yang dijabarkan oleh produsen melalui hasil produksinya. Produk dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan.
Definisi produk dijabarkan oleh David W (2001) sebagai sesuatu yang memilki nilai pada pangsa pasar tertentu dan dimana kemempuannya akan memberikan manfaat dan kepuasan termasuk benda, jasa, organisasi, tempat, orang, ide. Secara umum produk digunakan sebagai alat pemuas dan pemenuhan kebutuhan oleh konsuman.
Pengembangan Produk Baru adalah
Menurut Kotler dan Armstrong (2010) yang dikutip oleh DR. Amue, G.J. dan Kenneth C. Adiele, pengembangan produk baru adalah pengembangan dari produk-produk asli, perbaikan produk, modifikasi produk, dan merek baru melalui upaya Research and Development (R&D) perusahaan itu sendiri. Pengembangan dan peluncuran produk baru yang sukses adalah salah satu hal yang paling penting, dan yang paling menantang manajer (Hauser, et al 2005). Dari sudut pandang strategi, produk baru yang baik adalah yang selaras dengan suara pelanggan dan dianggap unggul secara teknis, dikembangkan sesuai dengan anggaran dan diluncurkan menjelang persaingan, hal ini akan memberikan keuntungan kompetitif yang nyata untuk perusahaan (Nikolaoes, et al 2004).
Menurut Ale Ebrahim et al (2009) yang dikutip oleh Nader Ale Ebrahim, Ahmed dan Taha menyatakan bahwa literatur memberikan sejumlah definisi tentang pengembangan produk baru. Definisi pengembangan produk digunakan oleh para peneliti yang berbeda dalam cara yang sedikit berbeda. Umumnya, adalah sebuah proses yang meliputi desain produk, sistem desain produksi, proses pengenalan produk dan dimulainya produksi (Johansen, 2005). Loch dan Kavadias (2008) mendefinisikan pengembangan produk baru adalah sesuatu kegiatan perusahaan yang mengarahkan pada penawaran pasar produk baru atau produk baru yang telah diubah dari waktu ke waktu. Termasuk sebuah kesempatan, untuk menyeleksi dan mentransformasi produksi produk dan kegiatan (layanan) yang ditawarkan kepada pelanggan dan lembaga perbaikan dalam kegiatan pengembangan produk baru kegiatan itu sendiri.
Pengembangan produk baru juga didefinisikan sebagai "keseluruhan proses strategi, organisasi, konsep, perencanaan pembuatan dan evaluasi terhadap produk dan pemasaran, serta komersialisasi produk baru.” (Griffin dan Somermeyer, 2007).
Literatur pengembangan produk baru yang diungkapkan oleh Nadia Bhuiyan menekankan pentingnya memperkenalkan produk baru di pasar untuk melanjutkan kesuksesan bisnis. Pengembangan produk baru berkontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan, serta berpengaruhnya terhadap performa laba dan perannya sebagai faktor kunci dalam perencanaan bisnis (Booz, Allen & Hamilton, 1982; Crawford, 1987; Kota & Hauser, 1993; Cooper, 2001; Ulrich & Eppinger, 2011).
Berikut adalah contoh Flowchartnya
1. Gambar Flowchart Create New Product
Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.
Komentar
Posting Komentar